Saturday, August 19, 2023

Sharing dan Berbagi Pengalaman dengan Para Relawan Bakti BUMN di Sukabumi

Sharing dan Berbagi Pengalaman dengan Para Relawan Bakti BUMN di Sukabumi


Tidak terasa, tahun ini Indonesia sudah merdeka selama 78 tahun. Dan saya pikir, jika kita analogikan negara itu sebagai kita manusia, 78 tahun berarti usianya sudah cukup "tua", sudah banyak pengalaman yang dilalui dan harusnya negara sudah ada dalam posisi apakah sukses atau tidak, mengingat pada umumnya usia produktif manusia itu di rentang usia 25-56 tahun mengikuti masa pensiun kita.

Tentu konsepnya bukan seperti itu, negara merupakan kumpuluan dari banyak kita manusia, yang berbeda satu sama lain, berbeda pola pikir, berbeda sudut pandang, berbeda garis hidupnya. Negara adalah sebuah ruangan yang di-isi oleh kita manusia yang kemudian diselaraskan melalui produk yang bernama pancasila dan undang-undang.

Namun, dalam postingan kali ini saya gak tertarik untuk bahas yang berat-berat, karena di hari ini tanggal 17 Agustus 2023 saya rayakan dengan sesuatu yang sangat berbeda sekali, di HUT RI yang ke-78 kali ini saya habiskan di sebuah desa yang bernama Cibadak, tepatnya berada di kota Sukabumi.

Ngapain aja saya di Sukabumi?


BUMN melalui Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi secara rutin mengadakan kegiatan Bakti BUMN yang diharapkan mampu memberikan dampak baik kepada perusahaan sekaligus bentuk employer branding bagi perusahaan. Kali ini Bakti BUMN sudah diadakan untuk ke-4 kali nya, yang dilaksanakan serentak pada tanggal 15-17 Agustus 2023 titik lokasi yaitu: Meunasah (Aceh), Pandeglang (Banten), Sukabumi (Jawa Barat), Sragen (Jawa Tengah), Kulonprogo (DIY), Malang (Jawa Timur), Panglipuran (Bali), Lombok (NTB), Namlea (Maluku) dan Jayapura (Papua).

Total insan BUMN yang berpartisipasi ikut mendaftar program ini ada sebanyak 8.096 dan yang terpilih melalui seleksi ada sekitar 100 orang Relawan.

Di Sukabumi sendiri, total kurang lebih 10 relawan. Di mana sebetulnya saya menggantikan Pak Hariadi, Direktur Operasi Pos Indonesia yang kebetulan pada hari itu tidak bisa bergabung.


Acara dimulai dengan Upacara Bendera HUT RI-78, lomba-lomba dan kemudian sharing session. Sharing yang saya berikan berkaitan tentang bagaimana berkarir di BUMN dan menjadi inspirasi bagi para Relawan Bakti BUMN untuk terus semangat berkarir dan ber-kontribusi bagi BUMN, Negara dan tentu saja Masyarakat.

Cerita diawali dari bagaimana saya memulai karir di Telkom sejak 2007 sampai sekarang di anak perusahaan Pos Indonesia, yaitu Pos Finansial Indonesia. Dilakukan secara casual sharing sehingga tidak ada jarak atau yang membedakan antara saya dan para relawan.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search